Dinas Pertanian Kabupaten Pati Kunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pekalongan Untuk Kaji Terap Pembangunan RPH

Dinas Pertanian Kabupaten Pati melakukan kunjungan kaji terap di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pekalongan, Pada Jum'at, 21 Januari 2022.
Kunjungan diawali pada hari jum'at dini hari, rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati melihat langsung proses pemotongan hewan di RPH didampingi tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan. Kemudian Jum'at pagi rombongan disambut kembali dalam pertemuan yang diadakan di aula DInperpa Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum menuturkan pihaknya memilih Kota Pekalongan karena telah menjadi rujukan di Provinsi Jawa Tengah sebagai pelaksana RPH yang representatif. Tahun 2022 ini Kabupaten Pati mendapatkan anggaran dari Pusat untuk membangu RPH. Beliau berharap dapat mengaplikasikan pelayanan pemotongan hewan Kota Pekalongan ini di wilayahnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Drs. Muadi, M.Si mengapresiasi kunjungan dari daerah yang terkenal dengan pengolahan kacang tersebut. Kegiatan  semacam ini, menurutnya sebagai ajang silaturahmi dan saling sharing pengoptimalan RPH. Beliau mendukung penuh pembangunan RPH di Kabupaten Pati sehingga dapat memberikan pelayanan untuk menyediakan daging hewan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Illena Palupi menuturkan saat ini RPH Kertoharjo sudah aktif melayani pemotongan hewan setiap harinya. untuk sarana dan prasarana akan terus disempurnakan serta meningkatkan kualitas SDM pelayanan RPH.