Dinperpa Intensifkan Penyuntikan Vaksin PMK Tahap 2

PMK Semakin Terkendali, Dinperpa Intensifkan Penyuntikan Vaksin PMK Tahap 2

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) terus berupaya agar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit sejumlah hewan ternak seperti sapi, domba, kambing, dan sebagainya bisa semakin terkendali. Oleh karena itu, Dinperpa mengintensifkan penyuntikan dosis vaksin PMK ke hewan ternak milik peternak yang ada di wilayah Kota Batik tersebut. Usai menyuntikan dosis vaksin PMK terhadap 90 ekor sapi sehat pada dosis 1 Tahap 1 mulai akhir Juni 2022 lalu, kali ini pemberian dosis 1 Tahap 2 pun dilanjutkan melalui Pencanangan Gerakan Vaksinasi PMK Dosis I Tahap 2 di wilayah Kota Pekalongan, yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Walikota (Wawalkot) Pekalongan, H Salahudin, berlangsung di Halaman Kantor Dinperpa setempat, Rabu (27/7/2022).

Wawalkot Salahudin mengungkapkan bahwa, dengan Gerakan Vaksinasi PMK Dosis 1 Tahap 2 ini diharapkan wabah PMK di Kota Pekalongan bisa segera teratasi. Pihaknya bersyukur, pada momentum Idul Adha lalu berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti dan tidak ditemukan daging kurban dari hewan ternak yang terjangkit PMK.

“Meski ada kenaikan harga pada hewan kurban pada Idul Adha kemarin, tetapi kenaikannya tidak terlalu signifikan. Alhamdulillah di Kota Pekalongan saat Idul Adha lalu, tidak ditemukan hewan yang disembelih terinfeksi PMK, “ tutur Wawalkot Salahudin.

Wawalkot Salahudin menyebutkan, pada penyuntikan dosis 1 tahap 1 kemarin, Kota Pekalongan telah mendapat alokasi dosis vaksin PMK sebanyak 100 dosis, begitupula untuk penyuntikan dosis 1 Tahap 2 ini juga mendapatkan 100 dosis vaksin, sehingga total telah ada 200 dosis vaksin PMK yang telah terdistribusikan ke Kota Pekalongan hingga saat ini. Pihaknya berharap, dengan digulirkannya vaksin PMK ini, bisa mengantisipasi merebaknya wabah PMK pada hewan-hewan ternak di Kota Pekalongan.