Laboratorium Kultur Jaringan Dinperpa Terus Berkembang

Sejak diresmikan oleh Assisten 2 Sekda Kota Pekalongan tanggal 22 Juli 2020 silam, Laboratorium Kultur Jaringan Dinperpa Kota Pekalongan terus berkembang. Meski masa awal-awal mengalami kendala terkait sarana dan prasarana, laboratorium kultur jaringan (kuljar) saat ini sudah mulai menampakan hasilnya. Di laboratorium kuljar saat ini dikembangkan anggrek dendrobium, anggrek tanah, anggrek Vanda, pisang cavendish, pisang barangan merah serta nanas Subang. Bahkan beberapa jenis tanaman sudah ada yang mengalami aklimatisasi seperti anggrek tanah, jenis yang sudah siap menuju aklimatisasi anggrek dendrobium dan pisang cavendish. Sedangkan jenis tanaman lain masih dalam proses subkultur.
Menurut Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim, SH, M.Hum., " laboratorium ini sudah dibangun 12 tahun yang lalu, Alhamdulillah sekarang sudah bisa operasional. Semoga dengan laboratorium kuljar ini bisa menghasilkan berbagai bibit tanaman yang dibutuhkan masyarakat baik tanaman hias ataupun tanaman horti yang lain yang seragam dan bebas dari hama dan penyakit".
"Selain untuk produksi bibit, lab kuljar ini juga pernah menjadi tempat magang mahasiswa UNSOED Purwokerto" ungkap Pak Hakim, sapaan akrab Kepala Dinperpa tersebut.
Harapan kedepannya, laboratorium ini bisa menjadi pusat pembelajaran dan produksi bibit tanaman berkualitas di Kota Pekalongan.

#kulturjaringan
#kuljar
#labkuljar
#dinperpakotapekalongan

@pemkotpekalongan
@pkl_dinkominfo
@official.batiktv
@distanbun_jtg