Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian Tahun 2022

Penyuluhan pertanian merupakan urat nadi dari pembangunan pertanian dan dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian diperlukan adanya perencanaan dan penentuan pancapaian target sasaran yang jelas dan terukur. Perencanaan tersebut dituangkan dalam rencana programa yang merupakan langkah awal dan sangat menetukan keberhasilan pelaksanaan penyuluhan untuk kurun waktu tertentu.

Penyusunan Program Penyuluhan Program Penyuluhan tahun 2022 dilaksankan selama 2 hari yaitu tgl 7-8 September 2021 bertempat di aula BPP Kertoharjo dengan melaksanakan protokol kesehatan. kegiatan ini di hadiri oleh perwakilan Kelompoktani, Peternak dan KWT yang ada di Kota Pekalongan.

Adapun yang menjadi narasumber dalam penyusunan programa ini yaitu terdiri dari Kadis ,Kepala-Kepala Bidang PKH, dan KP, POPT Kepala BPSDA Pemali-comal, dan Koordinator PPL.

Programa penyuluhan disusun sebagai arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Programa tersebut benar-benar merupakan aspirasi dan kebutuhan pelaku utama (petani) dan pelaku usaha, bermanfaat, dan juga memperhatikan kebijakan yang disusun pemerintah.

Untuk itu, penyusunan Programa Penyuluhan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa hingga Pusat sehingga hasilnya berdaya guna bagi petani.