Sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan bagi TP PKK Kelurahan Prioritas Percepatan Penurunan Stunting

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan - Upaya penanggulangan masalah stunting dapat dimulai dari lingkup keluarga. Salah satunya dengan pekarangan pangan lestari (P2L) atau pemanfaatan lahan pekarangan yang kurang produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi.
Sosialisasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan bagi TP PKK kelurahan prioritas percepatan penurunan stunting terintegrasi Kota Pekalongan tahun 2022-2033 yang diadakan oleh Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, diharapkan dapat menyelesaikan masalah stunting di Kota Pekalongan dapat diselesaikan dengan implementasi P2L dan penguatan TP PKK sebagai penggerak P2L.
Lahan sempit di wilayah perkotaan dapat digunakan untuk budidaya dengan berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, tanaman obat, tanaman hias, dan bunga dengan menggunakan teknik budidaya menggunakan pot, hidroponik, maupun vertikultur. Hal ini akan bermanfaat untuk mempercepat akses menuju pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman sehingga setiap keluarga memiliki ketahanan pangan yang kuat dan mampu memenuhi kebutuhan gizi.